BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Perekonomian
pada saat ini berkembang dengan sangat pesat, dapat dilihat dengan semakin
banyak bertumbuhnya sektor dunia usaha yang telah menjadi suatu area
persaingan yang sangat tajam.
Perkembangan dunia usaha yang semakin cepat diiringi dengan meningkatnya
persaingan yang menuntut perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya yang
bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Pertambahan dan kelangsungan hidup
perusahaan pada saat ini banyak mengubah kualitas menjadi senjata strategis
yang lebih potensial, dapat menjalankan persaingan secara konsisten,
menguntungkan dan memenuhi kebutuhan serta preferensi pelanggan atas kualitas
yang didapatkan dari perusahaan. Ada banyak perusahaan yang menjual produk yang
sama namun bersaing dengan memberikan keunggulan tertentu pada produknya.
Kesuksesan suatu bisnis usaha tergantung pada ide, peluang dan pelaku bisnis.
Pelaku bisnis harus mampu menciptakan ide–ide baru agar dapat memberikan nilai
lebih kepada konsumen. Selain itu pelaku bisnis juga harus mampu untuk melihat
peluang bisnis yang berkembang. Salah satu bisnis yang berkembang saat ini
adalah bisnis kecantikan atau sering disebut usaha salon kecantikan. Salon
adalah salah satu bidang jasa yang tujuannya adalah memperbaiki dan
mempercantik penampilan fisik.
Disini saya selaku pemilik salon kecantikan ingin memberikan layanan yang
sebaik-baiknya bagi para pelanggan kami. Supaya mereka dapat nyaman dengan pelayanan
yang salon kami. saya mempekerjakan beberapa tenaga kerja dengan kualitas
terbaik yang dimana para pekerja saya sudah mendapatkan sertifikat kursus, di
salon saya ini ada beberapa spesialis karyawan, ada yang menangani bagian
rambut, make up, dan facial. Salon kami juga memberikan layanan berupa kursus
kecantikan, panggilan make up/rias pengantin. Dalam mengembangkan bisnis salon
pada umumnya, penerapan suatu jasa yang berkualitas mempengaruhi perkembangan
kepuasan konsumen dan mempertahankan pelanggan yang sudah dimiliki. Salon
selalu memberikan beragam produk dan layanan yang berkualitas
bagi semua pelanggan. Saya selaku pemilik salon “BEAUTY NAURA” juga percaya bahwa keberhasilan suatu usaha di
pasar ditentukan oleh dukungan dari pelanggan yang puas akan pelayanan yang
diberikan.
Selain itu yang
menjadikan daya tarik Beauty Naura Salon ini adalah lokasi yang strategis
dimana saya selaku pemilih memilih tempat atau lokasi yang dekat dengan
perguruan tinggi/universitas di Jakarta dan Bekasi.
Jika berbicara
tentang salon kecantikan, tidak akan pernah ada habisnya, maka saya memutuskan
untuk membuka usaha ini sebagai peluang menciptakan lapangan pekerjaan dan
mencari keuntungan yang maksimal.
B. IDENTIFIKASI MASALAH
1. Bagaimanakah tingkat pegetahuan pemilik usaha salon kecantikan?
2. Bagaimanakah tingkat potensi yang dimiliki oleh karyawan yang bekerja di
salon kecantikan BEAUTY NAURA?
3. Apa kelebihan usaha salon kecantikan BEAUTY NAURA?
4. Apa kekurangan usaha salon kecantikan ini?
5. Berapakah keuntungan yang dapat diperoleh dari usaha ini?
6. Resiko yang terjadi jika menjalankan usaha salon?
7. Kesimpulan dan saran apa saja yang dapat di ambil dari pembahasan usaha
ini?
C.
LANDASAN
TEORI
Bab
ini berisi tentang strategi berbisnis dan pembahasannya yang digunakan sebagai
dasar teori yang mendukung berjalannya suatu usaha dalam bidang kewirausahaan
dan tujuan pembuatan bab ini antara lain sebagai studi kasus mata kuliah.
BAB
II
PEMBAHASAN
D.
PENGEMBANGAN
STRATEGI MARKETING
I.
Konsep Bisnis
BEAUTY NAURA
SALON adalah konsep salon kecantikan untuk para wanita. Beauty Naura salon
menawarkan harga yang sangat menggiurkan khusus nya untuk para mahasiswa yang
relatif murah jika dibandingkan dengan harga salon di tempat lain, bahkan bisa
mencapai 30% nya.
Dari segi
kualitas, barang-barang yang ada di Beauty Naura Salon ini tidak diragukan
lagi, sebab barang-barang yang ada didatangkan dari produsen yang berkualitas.
Dan dari segi pelayanan jasa yang akan ditawarkan, sehingga pelanggan tidak
merasa dirugikan sebab asisten salon merupakan lulusan terbaik dan profesional
sehingga dalam pengerjaannya terampil dan hasilnya. tentu tidak akan mengecewakan
para pelanggan nantinya.
Salon
kecantikan ini yang akan dibuka pertama kali di beberapa daerah dekat
universitas di Jakarta dan Bekasi, kemudian akan dikembangkan di beberapa kota
besar lainnya. Konsep salon kecantikan ini berbeda dengan salon kecantikan
lainya selain berada di lokasi dekat tempat kuliah, harga yang ditawarkan untuk
perawatan pun sangat menggiurkan cocok untuk kantong mahasiswa dan kualitasnya
pun tidak diragukan dengan salon-salon kecantikan yang mahal.
Rencana
jangka pendek perusahaan akan salon kecantikan pertama berada di kota Jakarta dan
Bekasi yang lokasinya tidak jauh dari perguruan tinggi. Rencana jangka menengah
adalah melakukan strategi ekspansi di Jakarta dan Bekasi (dengan menambah dua
salon yang berlokasi dekat perguruan tinggi) dan satu salon di Bandung.
Sementara itu, rencana jangka panjang perusahaan adalah menjadi pemimpin pasar
salon kecantikan di kota-kota besar melalui franchise.
Manajemen
perusahaan ingin menekankan bahwa peluang membuka salon kecantikan di dekat
perguruan tinggi dan dekat gedung perkantoran masih sangat terbuka. Hal ini
karena memanjakan diri di salon kecantikan bagi banyak kaum wanita sudah
merupakan kebutuhan. Semua wanita suka memanjakan diri ke salon. Memanjakan
diri di salon khusus bahkan telah menjadi gaya hidup bagi kalangan tertentu.
Berikut ini
adalah 5 elemen utama yang ditawarkan oleh Beauty Naura Salon yang
membedakannya dengan sesama salon kecantikan yang ada di Indonesia :
- Produk perawatan yang berkualitas tinggi
Beauty Naura
Salon didirikan untuk memberikan pelayanan dalam bidang jasa dengan produk
perawatan salon yang berkualitas tinggi dan harga terjangkau. Penawaran ini
akan menjadi jawaban bagi kebutuhan konsumen akan perawatan diri dengan produk
berkualitas tinggi dan harga yang terjangkau. Asisten salon merupakan lulusan
terbaik dan profesional sehingga dalam pengerjaannya terampil dan hasilnya dan
tentunya tidak akan mengecewakan para pelanggan nantinya. Selain itu, menu
perawatan di Beauty Naura Salon ini cukup lengkap.
- Layanan konsumen yang prima
Tujuan
perusahaan kami adalah mengembangkan layanan jasa yang positif dan proaktif
yang akan dialami oleh konsumen setiap kali mereka datang ke Beauty Naura
Salon. Karena konsep ini adalah konsep yang masih baru dan perusahaan kamipun mengandalkan
kunjungan kembali konsumen, maka interaksi dengan konsumen merupakan hal
yang kritis dan merupakan kunci sukses bisnis ini. Pegawai memegang peranan
penting dalam hal ini. Oleh karenanya, perusahaan menetapkan pegawai yang
direkrut adalah orang-orang lulusan terbaik dan profesional, berpenampilan
menarik dan gembira, teliti, cekatan, motivasi tinggi, dan yang memiliki
komitmen untuk melayani konsumen. Perusahaan juga memberikan perhatian,
pengembangan diri karyawan, dan kompensasi bagi hasil bagi para karyawannya
agar dapat memberikan layanan yang prima.
- Persediaan barang dagangan dan metode pemasaran yang unik
Perusahaan
akan menerapkan strategi pemasaran dan persediaan barang dagangan yang agresif
yang dirancang untuk menciptakan dan mempertegas citra merek perusahaan.
Perusahaan akan menggunakan logo “Beauty Naura Salon” secara eksentif pada
presentasi produk dan pelayanan jasa yang inovatif. Sebagai tambahan, karyawan
juga menawarkan berbagai konsep pemasaran yang kreatif, seperti gratis “voucher
perawatan senilai Rp. 200.000,-“ setelah 5 kali kunjungan, kartu keanggotaan,
dan paket perawatan.
- Lokasi gerai yang nyaman
Berbeda
dengan salon kecantikan pada umumnya, Beauty Naura Salon berlokasi dekat dengan
perguruan tinggi dan gedung perkantoran dengan tingkat lalu lintas pengunjung
yang tinggi. Hal ini memberikan manfaat ganda bagi para konsumennya, yaitu
sambil berkuliah atau bekerja setelah penat melakukan aktifitasnya bisa
langsung memanjakan diri di salon. Selain itu, kenyamanan salon menjadi nilai
jual yang berbeda sehingga dapat menarik konsumen untuk berkunjung.
- Desain dan atmosfer salon yang cozy dan eksklusif
Beauty Naura
Salon akan dirancang dengan cozy dan eksklusif pada interior dan perabotnya.
Desain yang unik sangat diperhatikan untuk menjadi penambah daya tarik salon.
II.
Produk yang ditawarkan
Beauty salon
menawarkan berbagai bidang jasa dalam kecantikan para wanita. Jasa yang
ditawarkan dalam usaha tersebut yaitu sebagai berikut
- jasa perawatan rambut seperti pemotongan rambut, Creambath, pelurusan rambut (smoothing) , keriting rambut, spa, masker rambut, sasak rambut, cuci dan blow rambut, cat dan bliching rambut dan toning rambut.
- Jasa perawatan wajah ditawarkan facial wajah, make up wajah, rias make up pengantin, totok aura.
- Jasa perawatan tubuh disediakan jasa berbagai macam lulur, mandi susu, pediqure dan mediqure.
III.
Harga
Harga yang
ditawarkan dalam usaha tersebut sangat menggiurkan khususnya berada pada lokasi
perkuliahan mahasiswa maka harga masih terjangkau dan relatif murah jika
dibandingkan dengan harga salon di tempat lain, bahkan bisa mencapai 30% nya.
Berikut
adalah daftar harga :
Jasa
perawatan
rambut
Rp 8.000 – Rp 250.000
Jasa
perawatan
wajah
Rp 20.000 – Rp 150.000
Jasa
perawatan tubuh
Rp 35.000 – Rp.100.000
Dari segi
kualitas, barang-barang yang ada di Beauty Naura Salon ini tidak diragukan
lagi, sebab barang-barang yang ada didatangkan dari produsen yang berkualitas.
Dan dari segi pelayanan jasa yang akan ditawarkan, sehingga pelanggan tidak
merasa dirugikan sebab asisten salon merupakan lulusan terbaik dan profesional
sehingga dalam pengerjaannya terampil dan hasilnya tentu tidak akan mengecewakan
para pelanggan nantinya.
IV.
Persediaan Barang dan Pemasaran
- Strategi pemasaran perusahaan adalah menciptakan tingkat kesadaran kualitas, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi dan edukasi produk yang ditawarkan perusahaan.
- Implementasi strategi ini meliputi hal-hal berikut:
-
Memberikan
gratis “creambath” agar konsumen dapat mencoba pelayanan.
-
Penawaran
kartu potongan yang dapat digunakan pada hari-hari tertentu untuk mendorang
kunjungan berganda.
-
Materi-materi
edukasi (seperti selebaran dan buku saku) yang berkaitan dengan produk
perawatan, manfaatnya, dan petunjuk pemanfaatan produk tersebut.
-
Layanan
proaktif karyawan : melatih dan mendidik karyawan mengenai teknik layanan dan
persiapan serta cara melayani konsumen dengan antusias.
-
Penempelan
logo, media luar ruang, dan sebagainya.
V.
Layanan pelanggan
- Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan dan konsumen, Beauty Naura Salon akan menyelenggarakan pemasaran internal melalui proses rekrutmen, pelatihan, dan motivasi para karyawannya. Hal ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai peranan mereka pada kepuasan konsumen. Hal ini menjadi salah satu poin strategis bagi Beauty Naura Salon dibandingkan dengan para pesaingnya.
- Selain itu, karyawan juga akan diberikan pelatihan mengenai product knowledge yang ada digunakan di perusahaan. Dengan demikian, mereka dapat berfungsi sebagai messenger bagi para konsumen dan pelanggan perusahaan.
VI.
Desain Gerai
- Beauy Salon akan dirancang dengan konsep cozy dan eksklusif. Suasana yang dimunculkan adalah salon setaraf salon ternama, simpel modernis, bersih, bergaya, dan menyenangkan. Kami juga akan bekerja sama dengan arsitek desain interior yang handal dan terkemuka untuk merancang konsep tersebut di atas. Kemudian salon kami akan memakai warna serba bernuansa pink supaya kesan kewanitaannya dapat terpancar.
VII. Positioning
- Agar dapat menarik perhatian calon pelanggannya, Beauty Salon merancang sebuah strategi positioning yang atraktif.
- Beberapa statemen positioning yang bisa digunakan, misalnya:
“Beauty Salon: keep your beauty”
“Beauty Salon… it’s my self
VIII. Lokasi dan pilihan
wilayah
- Pilihan lokasi dan wilayah salon adalah dengan kriteria perguruan tinggi dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi, mudah dijangkau, dan terlihat dari jarak yang cukup jauh.
- Pilihan perguruan tinggi terkemuka di masing-masing kota
DKI Jakarta
|
Bekasi
|
||
Universitas
Trisakti
Universitas
Bina Nusantara
|
Universitas
Gunadarma
Bandung;
Universitas
Padjajaran
|
VIV. Pasokan
barang dagangan
- Bahan baku untuk salon
- Kudapan penunjang
X.
Operasi Gerai
- Salon akan dioperasikan oleh satu manajer salon yang akan bekerja penuh waktu dan lima sampai 10 orang pegawai pendukung yang bekerja paru waktu.
- Jam operasi salon adalah pkl. 09.00-20.00, setiap hari Senin-Sabtu.
XI.
PELANGGAN
- Pasar sasaran Beauty Naura Salon adalah wanita dan remaja. Salon akan berlokasi di tempat yang mudah dijangkau oleh kalangan mahasiswa dan pegawai kantoran.
- Perusahaan berharap tingkat pengunjung yang datang kembali tinggi.
XII.
PERSAINGAN
- Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas pelayanan dan lokasi salon.
- Beauty Salon akan bersaing dengan sesama salon (Jhonny Andrean, Rudy Hardisuwarno, Cristoper, Ladibi dan lainnya).
XIII.
MANAJEMEN
Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek:
- Profesionalisme,
- Keahlian dalam hal keuangan, manajemen, dan aspek hukum,
- Atribut-atribut pribadi seperti daya inisiatif, ambisi, dan determinasi serta integritas.
XIV.
PROYEKSI KEUANGAN
-
Modal
Ringkasan modal adalah sebagai berikut :
- Biaya sewa salon (untuk 1 tahun sewa) Rp. 17.000.000
- Biaya Rancang Interior Rp. 26.000.000
- Peralatan Rp. 27.000.000
- Lain-Lain Rp. 10.000.000 +
Rp.
80.000.000
-
Penjualan
- Asumsi pelayanan tahap awal adalah rata-rata 200 orang setiap hari berkunjung untuk enam bulan pertama.
-
Produk Mix
- Manajemen beramsumsi bahwa 55% pengunjung akan datang untuk memotong rambut dan 45% untuk perawatan lainnya.
-
Gaji
|
E. RESIKO USAHA
Persaingan usaha yag cukup ketat di suatu tempat dapat
menjadi halangan bagi usaha ini, namun bila kita bisa memberikan
pelayanan yang prima dan memuaskan konsumen, persaingan ini tidak akan
membawa masalah.
Hambatan lain adalah masih adanya stigma negatif
terhadap usaha salon rambut hanya untuk orang kaya saja dan banyak yang
memperkerjakan lelaki yang punya sifat seperti wanita. Akan tetapi tidak
untuk salon kami, kami mempekerjakan karyawan semuanya wanita.
BAB III
PENUTUP
F.
KESIMPULAN
Usaha
membuka salon juga sangat bermanfaat dan mendapatkan untung yang besar dengan
membuat strategi terlebih dahulu yang di dalamnya mencakup lokasi yang stategi,
desain yang menarik, pelayanan terhadap konsumen dan membuat perincian laporan
keuangan di setiap akhir bulan supaya kita dapat mengetahui disetiap bulannya
kita lebih mendapatkan keuntungan atau rugi atau imbang.
Usaha
salon juga banyak di minati oleh para konsumen yang ingin selalu tampil cantik
dan menarik, khususnya para remaja yang masih bersekolah atau kuliah. Karna
kebanyakan peminatnya para pelajar, salon kami tidak memasang harga terlalu
mahal atau bisa di perinci sedikit lebih murah jika di bandingkan dengan
salon-salon yang lain.
Kami
membuat salon BEAUTY NAURA senyaman mungkin dan tempatnyapun kami desain
seanggun mungkin yang menunjukan jiwa kewanitaannya terpancar melalui desain
salon kami, menangapa demikian? karna kebanyakan wanitalah yang sering
berkunjung ke salon untuk mempercantik diri mereka.
G.
SARAN
Jika
ingin membuat suatu usaha sebaiknya di rencanakan matang-matang apakah sesuai
dengan yang diminati para konsumen atau yang dibutuhkan konsumen, karna motto
suatu perusahaan adalah ingin mendapatkan keuntungan yang semaksimal mungkin,
maka perusahaan juga harus membuat rencana usaha apa yang cocok berada di
kalangan masyarakat pada saat ini.
Jika
sudah matang dengan rencana tersebut lalu di buatlah strategi-strategi apa yang
akan di pergunakan sepanjang usahanya berjalan, di harapakan untuk tidak
melenceng dari strategi yang dibuat tersebut karna hasilnyapun akan menjadi
fatal jika kita melakukan kesalahan sedikit saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar