Rabu, 11 Desember 2013

STRATEGI PEMBINAAN _ EKONOMI KOPERASI# _TUGAS 4 _AYU BRILIANA _2EA18 _11212278



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Perekonomian pada saat ini berkembang dengan sangat pesat, dapat dilihat dengan semakin banyak bertumbuhnya sektor dunia usaha yang telah menjadi suatu area persaingan  yang sangat tajam. Perkembangan dunia usaha yang semakin cepat diiringi dengan meningkatnya persaingan yang menuntut perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Pertambahan dan kelangsungan hidup perusahaan pada saat ini banyak mengubah kualitas menjadi senjata strategis yang lebih potensial, dapat menjalankan persaingan secara konsisten, menguntungkan dan memenuhi kebutuhan serta preferensi pelanggan atas kualitas yang didapatkan dari perusahaan. Ada banyak perusahaan yang menjual produk yang sama namun bersaing dengan memberikan keunggulan tertentu pada produknya. Kesuksesan suatu bisnis usaha tergantung pada ide, peluang dan pelaku bisnis. Pelaku bisnis harus mampu menciptakan ide–ide baru agar dapat memberikan nilai lebih kepada konsumen. Selain itu pelaku bisnis juga harus mampu untuk melihat peluang bisnis yang berkembang. Salah satu bisnis yang berkembang saat ini adalah bisnis kecantikan atau sering disebut usaha salon kecantikan. Salon adalah salah satu bidang jasa yang tujuannya adalah memperbaiki dan mempercantik penampilan fisik.
Disini saya selaku pemilik salon kecantikan ingin memberikan layanan yang sebaik-baiknya bagi para pelanggan kami. Supaya mereka dapat nyaman dengan pelayanan yang salon kami. saya mempekerjakan beberapa tenaga kerja dengan kualitas terbaik yang dimana para pekerja saya sudah mendapatkan sertifikat kursus, di salon saya ini ada beberapa spesialis karyawan, ada yang menangani bagian rambut, make up, dan facial. Salon kami juga memberikan layanan berupa kursus kecantikan, panggilan make up/rias pengantin. Dalam mengembangkan bisnis salon pada umumnya, penerapan suatu jasa yang berkualitas mempengaruhi perkembangan kepuasan konsumen dan mempertahankan pelanggan yang sudah dimiliki. Salon selalu memberikan beragam produk dan layanan yang berkualitas bagi semua pelanggan. Saya selaku pemilik salon “BEAUTY NAURA”  juga percaya bahwa keberhasilan suatu usaha di pasar ditentukan oleh dukungan dari pelanggan yang puas akan pelayanan yang diberikan.
Selain itu yang menjadikan daya tarik Beauty Naura Salon ini adalah lokasi yang strategis dimana saya selaku pemilih memilih tempat atau lokasi yang dekat dengan perguruan tinggi/universitas di Jakarta dan Bekasi.
Jika berbicara tentang salon kecantikan, tidak akan pernah ada habisnya, maka saya memutuskan untuk membuka usaha ini sebagai peluang menciptakan lapangan pekerjaan dan mencari keuntungan yang maksimal.

B.     IDENTIFIKASI MASALAH

1.      Bagaimanakah tingkat pegetahuan pemilik usaha salon kecantikan?
2.      Bagaimanakah tingkat potensi yang dimiliki oleh karyawan yang bekerja di salon kecantikan BEAUTY NAURA?
3.      Apa kelebihan usaha salon kecantikan BEAUTY NAURA?
4.      Apa kekurangan usaha salon kecantikan ini?
5.      Berapakah keuntungan yang dapat diperoleh dari usaha ini?
6.      Resiko yang terjadi jika menjalankan usaha salon?
7.      Kesimpulan dan saran apa saja yang dapat di ambil dari pembahasan usaha ini?

C.     LANDASAN TEORI

Bab ini berisi tentang strategi berbisnis dan pembahasannya yang digunakan sebagai dasar teori yang mendukung berjalannya suatu usaha dalam bidang kewirausahaan dan tujuan pembuatan bab ini antara lain sebagai studi kasus mata kuliah.


BAB II
PEMBAHASAN


D.    PENGEMBANGAN STRATEGI MARKETING

I.       Konsep Bisnis
BEAUTY NAURA SALON adalah konsep salon kecantikan untuk para wanita. Beauty Naura salon menawarkan harga yang sangat menggiurkan khusus nya untuk para mahasiswa yang relatif murah jika dibandingkan dengan harga salon di tempat lain, bahkan bisa mencapai 30% nya.
Dari segi kualitas, barang-barang yang ada di Beauty Naura Salon ini tidak diragukan lagi, sebab barang-barang yang ada didatangkan dari produsen yang berkualitas. Dan dari segi pelayanan jasa yang akan ditawarkan, sehingga pelanggan tidak merasa dirugikan sebab asisten salon merupakan lulusan terbaik dan profesional sehingga dalam pengerjaannya terampil dan hasilnya. tentu tidak akan mengecewakan para pelanggan nantinya.
Salon kecantikan ini yang akan dibuka pertama kali di beberapa daerah dekat universitas di Jakarta dan Bekasi, kemudian akan dikembangkan di beberapa kota besar lainnya. Konsep salon kecantikan ini berbeda dengan salon kecantikan lainya selain berada di lokasi dekat tempat kuliah, harga yang ditawarkan untuk perawatan pun sangat menggiurkan cocok untuk kantong mahasiswa dan kualitasnya pun tidak diragukan dengan salon-salon kecantikan yang mahal.
Rencana jangka pendek perusahaan akan salon kecantikan pertama berada di kota Jakarta dan Bekasi yang lokasinya tidak jauh dari perguruan tinggi. Rencana jangka menengah adalah melakukan strategi ekspansi di Jakarta dan Bekasi (dengan menambah dua salon yang berlokasi dekat perguruan tinggi) dan satu salon di Bandung. Sementara itu, rencana jangka panjang perusahaan adalah menjadi pemimpin pasar salon kecantikan di kota-kota besar melalui franchise.
Manajemen perusahaan ingin menekankan bahwa peluang membuka salon kecantikan di dekat perguruan tinggi dan dekat gedung perkantoran masih sangat terbuka. Hal ini karena memanjakan diri di salon kecantikan bagi banyak kaum wanita sudah merupakan kebutuhan. Semua wanita suka memanjakan diri ke salon. Memanjakan diri di salon khusus bahkan telah menjadi gaya hidup bagi kalangan tertentu.
Berikut ini adalah 5 elemen utama yang ditawarkan oleh Beauty Naura Salon yang membedakannya dengan sesama salon kecantikan yang ada di Indonesia :
  • Produk perawatan yang berkualitas tinggi
Beauty Naura Salon didirikan untuk memberikan pelayanan dalam bidang jasa dengan produk perawatan salon yang berkualitas tinggi dan harga terjangkau. Penawaran ini akan menjadi jawaban bagi kebutuhan konsumen akan perawatan diri dengan produk berkualitas tinggi dan harga yang terjangkau. Asisten salon merupakan lulusan terbaik dan profesional sehingga dalam pengerjaannya terampil dan hasilnya dan tentunya tidak akan mengecewakan para pelanggan nantinya. Selain itu, menu perawatan di Beauty Naura Salon ini cukup lengkap.
  • Layanan konsumen yang prima
Tujuan perusahaan kami adalah mengembangkan layanan jasa yang positif dan proaktif yang akan dialami oleh konsumen setiap kali mereka datang ke Beauty Naura Salon. Karena konsep ini adalah konsep yang masih baru dan perusahaan kamipun mengandalkan kunjungan kembali konsumen, maka  interaksi dengan konsumen merupakan hal yang kritis dan merupakan kunci sukses bisnis ini. Pegawai memegang peranan penting dalam hal ini. Oleh karenanya, perusahaan menetapkan pegawai yang direkrut adalah orang-orang lulusan terbaik dan profesional, berpenampilan menarik dan gembira, teliti, cekatan, motivasi tinggi, dan yang memiliki komitmen untuk melayani konsumen. Perusahaan juga memberikan perhatian, pengembangan diri karyawan, dan kompensasi bagi hasil bagi para karyawannya agar dapat memberikan layanan yang prima.
  • Persediaan barang dagangan dan metode pemasaran yang unik
Perusahaan akan menerapkan strategi pemasaran dan persediaan barang dagangan yang agresif yang dirancang untuk menciptakan dan mempertegas citra merek perusahaan. Perusahaan akan menggunakan logo “Beauty Naura Salon” secara eksentif pada presentasi produk dan pelayanan jasa yang inovatif. Sebagai tambahan, karyawan juga menawarkan berbagai konsep pemasaran yang kreatif, seperti gratis “voucher perawatan senilai Rp. 200.000,-“ setelah 5 kali kunjungan, kartu keanggotaan, dan  paket perawatan.
  • Lokasi gerai yang nyaman
Berbeda dengan salon kecantikan pada umumnya, Beauty Naura Salon berlokasi dekat dengan perguruan tinggi dan gedung perkantoran dengan tingkat lalu lintas pengunjung yang tinggi. Hal ini memberikan manfaat ganda bagi para konsumennya, yaitu sambil berkuliah atau bekerja setelah penat melakukan aktifitasnya bisa langsung memanjakan diri di salon. Selain itu, kenyamanan salon menjadi nilai jual yang berbeda sehingga dapat menarik konsumen untuk berkunjung.
  • Desain dan atmosfer salon yang cozy dan eksklusif
Beauty Naura Salon akan dirancang dengan cozy dan eksklusif pada interior dan perabotnya. Desain yang unik sangat diperhatikan untuk menjadi penambah daya tarik salon.
II.       Produk yang ditawarkan
Beauty salon menawarkan berbagai bidang jasa dalam kecantikan para wanita. Jasa yang ditawarkan dalam usaha tersebut yaitu sebagai berikut
  • jasa perawatan rambut seperti pemotongan rambut, Creambath, pelurusan rambut (smoothing) , keriting rambut, spa, masker rambut, sasak rambut, cuci dan blow rambut, cat dan bliching rambut dan toning rambut.
  • Jasa perawatan wajah ditawarkan facial wajah, make up wajah, rias make up pengantin, totok aura.
  • Jasa perawatan tubuh disediakan jasa berbagai macam lulur, mandi susu, pediqure dan mediqure.
III.         Harga
Harga yang ditawarkan dalam usaha tersebut sangat menggiurkan khususnya berada pada lokasi perkuliahan mahasiswa maka harga masih terjangkau dan relatif murah jika dibandingkan dengan harga salon di tempat lain, bahkan bisa mencapai 30% nya.
Berikut adalah daftar harga :
Jasa perawatan rambut                        Rp 8.000 – Rp 250.000
Jasa perawatan wajah                          Rp 20.000 – Rp 150.000
Jasa perawatan tubuh                          Rp 35.000 – Rp.100.000
Dari segi kualitas, barang-barang yang ada di Beauty Naura Salon ini tidak diragukan lagi, sebab barang-barang yang ada didatangkan dari produsen yang berkualitas. Dan dari segi pelayanan jasa yang akan ditawarkan, sehingga pelanggan tidak merasa dirugikan sebab asisten salon merupakan lulusan terbaik dan profesional sehingga dalam pengerjaannya terampil dan hasilnya tentu tidak akan mengecewakan para pelanggan nantinya.
IV.        Persediaan Barang dan Pemasaran
  • Strategi pemasaran perusahaan adalah menciptakan tingkat kesadaran kualitas, mendorong terjadinya pembelian melalui berbagai materi promosi dan edukasi produk yang ditawarkan perusahaan.
  • Implementasi strategi ini meliputi hal-hal berikut:
-          Memberikan gratis “creambath” agar konsumen dapat mencoba pelayanan.
-          Penawaran kartu potongan yang dapat digunakan pada hari-hari tertentu untuk mendorang kunjungan berganda.
-          Materi-materi edukasi (seperti selebaran dan buku saku) yang berkaitan dengan produk perawatan, manfaatnya, dan petunjuk pemanfaatan produk tersebut.
-          Layanan proaktif karyawan : melatih dan mendidik karyawan mengenai teknik layanan dan persiapan serta cara melayani konsumen dengan antusias.
-          Penempelan logo, media luar ruang, dan sebagainya.
V.         Layanan pelanggan
  • Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan dan konsumen, Beauty Naura Salon akan menyelenggarakan pemasaran internal melalui proses rekrutmen, pelatihan, dan motivasi para karyawannya. Hal ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai peranan mereka pada kepuasan konsumen. Hal ini menjadi salah satu poin strategis bagi Beauty Naura Salon dibandingkan dengan para pesaingnya.
  • Selain itu, karyawan juga akan diberikan pelatihan mengenai product knowledge yang ada digunakan di perusahaan. Dengan demikian, mereka dapat berfungsi sebagai messenger bagi para konsumen dan pelanggan perusahaan.
VI.         Desain Gerai
  • Beauy Salon akan dirancang dengan konsep cozy dan eksklusif. Suasana yang dimunculkan adalah salon setaraf salon ternama, simpel modernis, bersih, bergaya, dan menyenangkan. Kami juga akan bekerja sama dengan arsitek desain interior yang handal dan terkemuka untuk merancang konsep tersebut di atas. Kemudian salon kami akan memakai warna serba bernuansa pink supaya kesan kewanitaannya dapat terpancar.
VII.     Positioning
  • Agar dapat menarik perhatian calon pelanggannya, Beauty Salon merancang sebuah strategi positioning yang atraktif.
  • Beberapa statemen positioning yang bisa digunakan, misalnya:
“Beauty Salon: keep your beauty”
“Beauty Salon… it’s my self
VIII.    Lokasi dan pilihan wilayah
  • Pilihan lokasi dan wilayah salon adalah dengan kriteria perguruan tinggi dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi, mudah dijangkau, dan terlihat dari jarak yang cukup jauh.
  • Pilihan perguruan tinggi terkemuka di masing-masing kota
DKI Jakarta
Bekasi
Bandung
 
Universitas Indonesia
Universitas Trisakti
Universitas Bina Nusantara
Universitas Gunadarma
Bandung;
Universitas Padjajaran
VIV.    Pasokan barang dagangan
  • Bahan baku untuk salon
  • Kudapan penunjang
X.          Operasi Gerai
  • Salon akan dioperasikan oleh satu manajer salon yang akan bekerja penuh waktu dan lima sampai 10 orang pegawai pendukung yang bekerja paru waktu.
  • Jam operasi salon adalah pkl. 09.00-20.00, setiap hari Senin-Sabtu.
XI.             PELANGGAN
  • Pasar sasaran Beauty Naura Salon adalah wanita dan remaja. Salon akan berlokasi di tempat yang mudah dijangkau oleh kalangan mahasiswa dan pegawai kantoran.
  • Perusahaan berharap tingkat pengunjung yang datang kembali tinggi.
XII.           PERSAINGAN
  • Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas pelayanan dan lokasi salon.
  • Beauty Salon akan bersaing dengan sesama salon (Jhonny Andrean, Rudy Hardisuwarno, Cristoper, Ladibi dan lainnya).
XIII.        MANAJEMEN
Struktur manajemen akan berkaitan dengan aspek-aspek:
  • Profesionalisme,
  • Keahlian dalam hal keuangan, manajemen, dan aspek hukum,
  • Atribut-atribut pribadi seperti daya inisiatif, ambisi, dan determinasi serta integritas.
XIV.       PROYEKSI KEUANGAN



-          Modal
Ringkasan modal adalah sebagai berikut :
  • Biaya sewa salon (untuk 1 tahun sewa)      Rp. 17.000.000
  • Biaya Rancang Interior                               Rp. 26.000.000
  • Peralatan                                                     Rp. 27.000.000
  • Lain-Lain                                                    Rp. 10.000.000  +
        Rp. 80.000.000
-          Penjualan
  • Asumsi pelayanan tahap awal adalah rata-rata 200 orang setiap hari berkunjung untuk enam bulan pertama.
-          Produk Mix
  • Manajemen beramsumsi bahwa 55% pengunjung akan datang untuk memotong rambut dan 45% untuk perawatan lainnya.
-          Gaji
Untuk Manajer Salon penuh waktu : Rp. 30.000.000/tahun
Karyawan paruh waktu : Rp. 800.000,00/bulan


 
 
E.     RESIKO USAHA
Persaingan usaha yag cukup ketat di suatu tempat dapat menjadi halangan bagi usaha ini,  namun bila kita bisa memberikan pelayanan yang prima dan memuaskan konsumen, persaingan ini tidak  akan membawa masalah.
Hambatan lain adalah masih adanya stigma negatif  terhadap usaha salon rambut hanya untuk orang kaya saja dan banyak yang memperkerjakan lelaki  yang punya sifat seperti wanita. Akan tetapi tidak untuk salon kami, kami mempekerjakan karyawan semuanya wanita.

BAB III
PENUTUP
F.      KESIMPULAN
Usaha membuka salon juga sangat bermanfaat dan mendapatkan untung yang besar dengan membuat strategi terlebih dahulu yang di dalamnya mencakup lokasi yang stategi, desain yang menarik, pelayanan terhadap konsumen dan membuat perincian laporan keuangan di setiap akhir bulan supaya kita dapat mengetahui disetiap bulannya kita lebih mendapatkan keuntungan atau rugi atau imbang.
Usaha salon juga banyak di minati oleh para konsumen yang ingin selalu tampil cantik dan menarik, khususnya para remaja yang masih bersekolah atau kuliah. Karna kebanyakan peminatnya para pelajar, salon kami tidak memasang harga terlalu mahal atau bisa di perinci sedikit lebih murah jika di bandingkan dengan salon-salon  yang lain.
Kami membuat salon BEAUTY NAURA senyaman mungkin dan tempatnyapun kami desain seanggun mungkin yang menunjukan jiwa kewanitaannya terpancar melalui desain salon kami, menangapa demikian? karna kebanyakan wanitalah yang sering berkunjung ke salon untuk mempercantik diri mereka.

G.    SARAN
Jika ingin membuat suatu usaha sebaiknya di rencanakan matang-matang apakah sesuai dengan yang diminati para konsumen atau yang dibutuhkan konsumen, karna motto suatu perusahaan adalah ingin mendapatkan keuntungan yang semaksimal mungkin, maka perusahaan juga harus membuat rencana usaha apa yang cocok berada di kalangan masyarakat pada saat ini.
Jika sudah matang dengan rencana tersebut lalu di buatlah strategi-strategi apa yang akan di pergunakan sepanjang usahanya berjalan, di harapakan untuk tidak melenceng dari strategi yang dibuat tersebut karna hasilnyapun akan menjadi fatal jika kita melakukan kesalahan sedikit saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar